Rabu, 11 November 2009

BRIEF about CAMOUFLAGE

Dalam rangka memperingati hari Pahlawan kemarin, walaupun tidak begitu sangat terkait dengan heroisme, hari ini kami akan membahas tentang kamuflase yang digunakan dalam pakaian (biasanya digunakan untuk pakaian militer).

Kamuflase sendiri berarti tersamar, merupakan cara suatu organisme untuk membuat dirinya terlihat seperti lingkungannya, biasanya dilakukan untuk survive dari pemangsanya.

Metode ini kemudian diadaptasi ke dalam pakaian tentara, setelah sebelumnya (pada perang dunia I) pakaian tentara dirancang dengan warna yang sangat mencolok karena dengan alasan diantaranya untuk menciutkan lawan, menambah daya tarik untuk perekrutan, dan lain-lain. Terlebih pada masa itu, tradisi militer yang hanya fokus pada spirit berperang saja menganggap bahwa bersembunyi dari musuh agak memalukan. Tetapi sejalan dengan kondisi yang ada, masing-masing kesatuan beradaptasi dan membuat kelonggaran pada konsep "spirit berperang" tadi dengan "bersembunyi", misalnya tentara jerman yang menutupi ujung helm Pickelhaube mereka dengan kain agar tidak berkilau-kilau terkena sinar matahari.

Helm Pickelhaube

Dan sekarang, karena dianggap penting sebagai salah satu pendukung taktik dalam militer, konsep kamuflase menjadi sangat populer dan menjadi keharusan untuk seragam tentara di setiap negara. 

Contoh-contoh Pattern Kamuflase dalam pakaian tentara

Tunggu postingan kami berikutnya yang masih berhubungan dengan kamuflase. 

Referensi:

http://camo.henrikc.dk/

Wikipedia

You may Also Love these:



Thanks A million to: [ Tips Blogger ]

5 komentar:

  1. Yang gambar pertama itu motif kamuflasenya TNI bukan..?? Heheheh...
    Banyak yah macemnya...

    BalasHapus
  2. hahah supaya gak berkilau ya? alasan yang masuk akal hahaha

    BalasHapus
  3. @zippy: iya betul, itu yang dipake sama TNI, dan yang kanan atas itu yang paling populer dan paling banyak digunakan...

    @ocky: betul itu oki, jadi ada sumber yang bilang juga, pas prancis masih pake seragam biru dan merah, banyak korban yang gugur, ya logis sih memang, karena musuh akan dengan sangat mudah membidik, hihihi....

    BalasHapus
  4. ASya suka banget sama helm nya ...keren

    BalasHapus
  5. cocok kayana pake motor vespa (serdadu vespa) hihi

    BalasHapus